Pesan Ki Hajar Dewantara Di Momentum Hardiknas Yang Perlu Kamu Ingat

Campusupdate.id-Jakarta (03/05). “Menguatkan pendidikan, Memajukan Kebudayaan” merupakan tema yang mewakili pesan penting Ki Hajar Dewantara mengenai hubungan erat pendidkan dan kebudayaan. 

Perpaduan dunia pendidikan dan kebudayaan sangat penting dalam menciptakan eksosistem yang sarat nilai dan pengalaman guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia maju.

Pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan yaitu, pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang unggul, terampil dan siap memasuki dunia kerja/jenjang pendidikan berikut.

Pendidikan karakter yang dimaksudkan untuk membentuk insan berahlak mulia, empan papan, sopan santun dan tanggung jawab serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapn generasi muda disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan

Hadirnya Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi hendaknya dapat dimanfaatkan pendidik untuk menerapkan pendidikan berbasis digital dengan sentuhan budaya Indonesia.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah pengoptimalan peran tri pusat pendidikan, yakni keluarga, sekolah dan masyakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan.

Peran Kebudayaan dalam pembangunan semakin kuat dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan kebudayaan,serta Strategi Kebudayaan hasil rekomendasi Kongres kebudayaan tahun 2018.

Impian penguatan pendidikan dan pemajuan kebudayaan tersebut Indonesia dapat tercapai jika bangsa Indonesia dapat selalu menjaga aset vital yang tak ternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan dan persatuan. (Achin)

(Sumber : kemendikbud.ri)